PEMBUATAN PAVING BLOCK DARI CAMPURAN LIMBAH ABU DAN SISA PEMBAKARAN SAMPAH DOMESTIK

Firra Rosariawari

Abstract


Pada proses pembakaran limbah domestik pada bangunan Insenerator menghasilkan abu terbang dan abu dasar dalam jumlah banyak. Abu yang dihasilkan kemudian diletakan pada tanah lapang tanpa diolah lebih lanjut, melalui hal tersebut abu yang tertumpuk pada tanah lapang tanpa lapisan kedap air dapat menimbulkan permasalahan pencemaran lingkungan, salah satunya adalah terjadinya pencemaran air tanah melalui kandungan limbah B-3 pada abu seperti Cu, Zn, Cr, Cd dan Pb. Salah satu upaya pemanfaatan abu hasil dari pembakaran Insenerator ini adalah dengan dimanfaatkannya abu sebagai bahan pencampur pembuatan paving block dengan proses solidifikasi yang diharapkan ramah lingkungan.

Hasil percobaan pembuatan paving block dari beberapa variasi komposisi perbandingan semen, pasir, abu, abu batu dan faktor air semen dari salah satu yang terbaik adalah komposisi K5 (FAS0,3) yang memenuhi kuat tekan dan daya resapan air pada standar nasional Indonesia (SNI) mutu B.

Kemudian ditinjau dari pengujian hasil rendaman air paving block pada komposisi K5 (FAS 0,3) menunjukan hasil air rendaman masih memenuhi baku mutu Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air PP N0. 82 Tahun 2001.

 

Kata kunci : Abu terbang, hasil pembakaran insenerator, pemanfaatan, bahan campuran, paving block, solidifikasi

DOI : https://doi.org/10.33005/envirotek.v9i1.1049


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.