EFEKTIVITAS APLIKASI LAPOR SLEMAN SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN ONLINE (Effectiveness of the Lapor Sleman Application as an Online Complaint Service)

Nur Rizka Riyana, Erni Saharuddin, Fitriana Pujiastuti, Ray Roshan, Hanif Mahmud Abdullah

Abstract

Abstrak

Efektivitas merupakan suatu pencapaian dengan tepat sasaran sebagai hasil dari usaha yang dilakukan secara sadar sebagai bentuk sebab-akibat yang telah dikehendaki sebelumnya yang bertujuan menggapai sesuatu yang ditentukan. Aplikasi Lapor Sleman adalah suatu layanan pengaduan yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi mereka mengenai permasalahan yang ada di Kabupaten Sleman. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif ini menghasilkan penjelasan yang terinci dalam deskriptif kata-kata. Secara keseluruhan, deskriptif menggunakan kata-kata dan bahasa, serta berbagai metode ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Lapor Sleman sudah cukup efektif menangani aduan masyarakat. Namun, pada aplikasi Lapor Sleman ini masih terdapat beberapa kendala yang berupa aplikasi tidak bisa diinstal di smartphone tertentu, masih banyak fitur yang tidak berfungsi dengan baik, dll. Sehingga masih diperlukan beberapa perbaikan terhadap aplikasi Lapor Sleman agar kedepannya dapat berjalan lebih optimal dalam menangani aduan masyarakat. Dilakukannya penelitian tersebut agar memahami efektivitas dari penciptaan Aplikasi Lapor Sleman sebagai sarana aduan secara online dibuat para pemerintah terkait di Kabupaten Sleman.

 

Abstract

Effectiveness is an achievement with the right target as a result of conscious effort as a form of pre-desired cause and effect aimed at achieving something determined. The Sleman Report application is a complaint service created to make it easier for the public to express their aspirations regarding problems in Sleman Regency. The qualitative method is the method used in this research. This qualitative method produces detailed explanations in descriptive words. Overall, descriptive uses words and language, as well as various scientific methods. The results of this research are that the Lapor Sleman application is quite effective in handling public complaints. However, with the Lapor Sleman application there are still several problems in the form of the application not being able to be installed on certain smartphones, there are still many features that are not functioning properly, etc. So some improvements are still needed to the Sleman Report application so that in the future it can run more optimally in handling public complaints. This research was carried out in order to understand the effectiveness of the creation of the Sleman Report Application as a means of online complaints made by the relevant governments in Sleman Regency.

 


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Department of Public Administration

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Faculty of Social, Cultural, and Political Science

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id