ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM MAHAMERU WALK-THRU SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI SAMSAT SURABAYA BARAT
Abstract
Pelayanan publik di Samsat Surabaya Barat sebelumnya menghadapi masalah seperti waktu pelayanan yang lama, prosedur administratif yang kompleks, dan praktik percaloan, mengganggu efisiensi dan transparansi. Penelitian ini menganalisis implementasi Program Mahameru Walk-Thru menggunakan teori difusi inovasi Everett M. Rogers dengan fokus pada lima indikator: keuntungan relatif, kesesuaian, kompleksitas, dapat diuji coba, dan dapat diamati. Metode kualitatif deskriptif digunakan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan program ini berhasil meningkatkan efisiensi dengan memangkas waktu administrasi dari 90 menit menjadi 30 menit, meningkatkan efektivitas sebesar 66%. Kesesuaian program mencapai 72% melalui penyederhanaan proses yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Kompleksitas berkurang sebesar 68% dengan menghilangkan langkah-langkah rumit. Tingkat trialibility mencapai 74%, menunjukkan kemudahan akses dan pemahaman masyarakat terhadap sistem baru. Observability mencapai 75%, terlihat dari pengurangan antrean dan praktik percaloan. Kesimpulannya, Program Mahameru Walk-Thru efektif meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan transparansi pelayanan di Samsat Surabaya Barat. Rekomendasi meliputi peningkatan sosialisasi, penguatan infrastruktur, dan evaluasi berkelanjutan.
References
Armanda, M. R., & Mala, I. K. (2024). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ) Kuliner Di Kota Tangerang Selatan. 2(2).
Aulia, O., Pudjowati, J., Rosyafah, S., & Tri, S. (2022). Pemberdayaan UMKM Kampung Kue dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Investasi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 57–63.
Azzahra, G. N., Azzahra, S., Nabila, S., Rafif, A., & Imadulhaq, H. (2024). Evaluasi Umkm Aneka Juice 88 Swk Convention Hall. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 03(02), 107–112.
Ermawati, Y., Sodikin, M., & Supeni, E. (2022). Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis Sentra Wisata Kuliner Di Surabaya. Universitas Sains Dan Teknologi Komputer Semarang, 390–404.
Fauzi, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Kodam V Brawijaya Surabaya Sebagai Objek Wisata Kuliner. Journal Economic And Strategy (JES), 3(1), 86–92.
Hasan, M. N., Abdillah, F. S., Rahmawati, N., & Halal, P. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Melalui Warung Titipan ( Wartip ) Untuk Mendukung Desa Paciran Sebagai Praja Lamongan | Jurnal Kelitbangan Kabupaten Lamongan Jurnal Kelitbangan Kabupaten Lamongan | Praja Lamongan. 5, 47–54.
Ibrahim, S. S., & Ambore, B. F. (2023). AN Assessment Of Business Environments And Their Effects ON. 4(13), 195–225. https://doi.org/10.58934/jgeb.v4i13.147
Karakter, P., & Dan, W. (2024). Capability Terhadap Kinerja Usaha Pada Umkm Di Sentra Wisata Kuliner Keputih. 9(2), 20–24.
Kartikasari, Chntyia Yohanna ; Tanaya, O. (2021). Tropodo, Strategi Pengelolaan Bisnis Kuliner Lokal Berbasis Digital Di Sentra Kuliner. Humanism, Jurna Pengabdian Masyarakat, V(2).
Kosasih. (2021). Analisis Deskriptif Karakteristik Jiwa Wirausaha Umkm Dalam Pembentukan Cluster Industri. 15(1), 20–27.
Kusyanda, M. R. P. (2022). Strategi pengembangan wisata kuliner desa bukti berbasis potensi lokal. 19(1), 13–23.
Muliadi, D. (2023). Manajemen Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada UMKM di Kabupaten Bogor ( Studi Kasus pada Usaha Makanan Fast Food ). Journal on Education, 05(04), 10976–10988.
Musharianto, A., Sudarwanto, P. B., Subandi, I., & Artha, T. (2024). Penguatan Menajamen Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Umkm ) Di Indonesia : Studi Literatur. 13(1), 37–47.
Nathasya, S., Sitepu, B., Manajemen, J., Indonesia, B.,
Nathasya, S., Sitepu, B., Surabaya, U. C., Fiskal, K., & Moneter, K. (2017). Analisis Peran Pemerintah Terhadap Keberhasilan UMKM Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5, 103–116.
Ningtyas, A. K., & Kusuma, Y. B. (2024). Peranan Pendampingan UMKM Untuk Meningkatkan Usaha Dan Akses Pasar Pedagang SWK Urip Sumoharjo. 2(4).
Nursalim Agus, Afdhal Chatra, Indra Krishernawan, M. Imron Mas’ud, Efendi, S. (2023). Peningkatan Kapasitas Umkm Melalui Program Pelatihan Manajemen Dan Pemasaran. 4(6), 11328–11332.
Panjaitan, T. W. S., Hermanto2, Y. B., & Widyastuti3, M. (2020). ANALYSIS MARKETING STRATEGIES AT CULINARY TOURISM. 8(1), 725–732.
Pelayanan, K., & Pelanggan, K. (2021). Strategi umkm untuk melakukan penjualan dalam dalam mengoptimalkan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 1–9.
Tsuraya, A. F. (2023). Strategi Pengembangan dan Pemasaran Produk Menggunakan Sentra Wisata Kuliner UMKM Minuman di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Mengabdi Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(3).
, A., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada Ukm Berbasis Kuliner Kota Malang). 38(2), 105–111.
Wijaya, J. S., & Soelaiman, L. (2023). Meningkatkan Minat Pengunjung Untuk Berkunjung Kembali Ke Sentra Kuliner Pasar Lama Tangerang Sebagai Dukungan Terhadap Perekonomian UMKM. 7(1), 92–101.
Wijayanti, A., Studi, P., Universitas, P., Sarana, B., & Kota, P. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Di Kota Yogyakarta , Indonesia. 11, 74–82. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.