KOMPETENSI SIKAP APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA
Abstract
ASN berfungsi sebagai pelaksana kebijakan, pelayanan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Suatu instansi pemerintahan akan berjalan baik jika semua pegawai menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya. ASN harus mampu memberikan pelayanan dan pemahaman kepada masyarakat agar berhasil melaksanakan kebijakan pemerintah. Namun Pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat oleh aparat pemerintah di Kantor Kelurahan Nginden Jangkungan, dinilai terkesan berbelit-belit, waktu penyelesaian yang lambat, dan wajah para petugas yang jarang sekali tersenyum. Data ini di peroleh dari beberapa review google maps kantor Kelurahan Nginden Jangkungan. Permasalahan lain yang muncul adalah rendahnya kinerja sebagian pegawai yang tidak efektif karena kurangnya kompetensi profesional, sikap pegawai seperti ini akan menghambat kebijakan pemerintah dalam upaya menciptakan sistem pelayanan yang sederhana, murah dan cepat serta bersih dan sehat. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi sikap ASN dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Nginden Jangkungan melalui metode kualitatif dengan fokus pada aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, lokasi pengambilan data adalah di kantor Kelurahan Nginden Jangkungan, Surabaya. Hasil dalam penelitian ini adalah Kompetensi Sikap Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Nginden Jangkungan Kota Surabaya dapat dilihat dari tanggung jawab, kemampuan kerjasama, dan kejujuran dalam bekerja, dan perlu pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dalam rangka peningkatan Kompetensi Sikap Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik.
Kata Kunci: ASN, Kompetensi, Pelayanan Publik, Sikap
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.






