DAMPAK TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Transformasi digital adalah langkah adaptasi sektor publik untuk menjawab tuntutan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik. Melalui studi literatur, terbukti bahwa digitalisasi mampu meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik di Indonesia. Digitalisasi mempersingkat birokrasi manual, memangkas antrean, menurunkan biaya layanan, serta memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan, terutama pada masa pandemi COVID-19. Meskipun demikian, transformasi digital masih menghadapi beberapa tantangan mendasar, seperti rendahnya literasi digital di masyarakat, resistensi sebagian aparatur birokrasi, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil, lemahnya integrasi data antarlembaga, dan isu perlindungan data pribadi yang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya optimalisasi melalui kebijakan lintas sektor yang terintegrasi, peningkatan kualitas SDM birokrasi, penguatan infrastruktur teknologi informasi, serta pemberdayaan masyarakat agar mampu memanfaatkan layanan digital secara maksimal. Dengan penguatan di berbagai aspek tersebut, transformasi digital diharapkan dapat benar-benar mendukung terwujudnya prinsip good governance dan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.






