ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI DI UNIVERSITAS XYZ

Lestari Retnawati

Abstract


Abstrak. Universitas XYZ sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya yang cukup banyak diminati, memiliki dukungan Sistem Informasi dalam melaksanakan aktivitas operasional akademiknya. Namun keberadaaan sistem informasi belum terintegrasi sepenuhnya dengan unit-unit kerja terkait, serta terdapat beberapa sistem informasi yang tidak digunakan sebagaimana mestinya karena tidak sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas layanan sistem informasi terhadap kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna merupakan kunci utama atau ukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan dan implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan atau instansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh relevansi, Accuracy, Responsiveness terhadap harapan / kepuasan. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketiga variabel tersebut terhadap kualitas pelayanan dan juga sebagai acuan untuk mengukur kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SERVQUAL dan Kelompok Diskusi Fokus (FGD), dengan pengambilan sampel menggunakan metode Slovin. Metode Servqual merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, sehingga akan diperoleh nilai gap (kesenjangan) yang merupakan selisih antara persepsi konsumen terhadap layanan yang telah diterima dengan harapan terhadap yang akan diterima. Sedangkan metode Slovin untuk menentukan ukuran sampel dari populasi yang telah diketahui jumlahnya. Hasil akhir penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan kualitas sistem informasi akademik Universitas XYZ.

Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Kualitas Layanan, Metode SERVQUAL, Metode Slovin.

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v13i2.1153




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.