Analisis Performansi Naive Bayes Dan Random Forest Terhadap Sentimen Kenaikan Harga BBM di Indonesia

Muhammad Lutfi Pratama, Yisti Vita Via, Eka Prakarsa Mandyartha

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah komoditas penting dalam aktifitas perekonomian masyarakat. Kebijakan kenaikan harga BBM dapat berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Namun pemerintah melakukan berbagai upaya baik, seperti Bantuan Langsung Tunai BBM. Fenomena ini menimbulkan beragam sentimen di masyarakat. Beragam sentimen tersebut dapat menjadi tolak ukur pemerintah dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, digunakan algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) dan Random Forest (RF) untuk klasifikasi sentimen masyarakat terhadap kebijakan kenaikan harga BBM melalui data teks Twitter yang berjumlah 250 ribu data tweet. Label kelas sentimen meliputi positif, netral, dan negatif. Analisis performasi dilakukan pada masing-masing algoritma dengan mempertimbangkan nilai accuracy, recall, dan rata-rata nilai kurva AUC-ROC. Kedua algoritma akan melalui proses tuning hyperparameter, untuk NBC yaitu nilai laplace smoothing dan untuk RF yaitu nilai minimum samples split dan minimum samples leaf. Disimpulkan bahwa performa RF lebih unggul dengan nilai akurasi mencapai 85.15% dan rata-rata nilai AUC-ROC sebesar 94.62%., dibandingkan NBC dengan nilai akurasi 79.74% dan rata-rata AUC-ROC sebesar 89.83%.

DOIhttps://doi.org/10.33005/scan.v18i1.3837


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.