HAMBATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Laksmi Diana

Abstract


Di Indonesia, mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu yang wajib dipelajari. Peserta didik telah mengikuti pembelajaran minimal selama 6 tahun di tingkat SMP dan SMA, pada tingkat Perguruan Tinggi, pembelajaran Bahasa Inggris diberikan dengan tujuan menghadapi persaingan global. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hambatan atau kesulitan mahasiwa dalam belajar bahasa Inggris, menggunakan metode observasi dan rekam data.  Analisis data penelitian dilakukan melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian menghadapi kesulitan belajar bahasa Inggris pada masing-masing keterampilan berbahasa. Hal tersebut terjadi akibat faktor tingkat penguasaan bahasa Inggris yang berbeda-beda.

 

 

DOI : http://doi.org/10.33005/adv.v7i1.1133


References


Afisa, P., & Yolanda, S. (2015). The Students’ Difficulties In Speaking At The Tenth Grade Of SMA Negeri 1 Sine In 2014/2015 Academic Year (Doctoral dissertation). Surakarta : Muhammadiyah University of Surakarta.

Budiasningrum, R. 2015. Identifikasi Kendala Dalam Penguasaan Bahasa Inggris. Jurnal Lentera Bisnis Volume 4 no.1, 49-78.

Hasan, A. S. (2000). Learners' perceptions of listening comprehension problems. The Journal of Language Culture and Curriculum, 13(2), 137-153.

Hasibuan, V.P. et al.(2013) An Analysis On The Factors Causing English Learning Difficulties. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2 No.7 : 1 -15.

Hermayawati. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Sosio-Humaniora 1 (1) : 1- 14

Johnson, G. R. (1930). An objective method of determining reading difficulty. The Journal of Educational Research, 21(4), 283-287.

Megawati, F (2016) Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia Volume. 5, No. 2, Agustus 2016, 147-156.

Megawati, F., Mandarani, V. (2016). Speaking Problems in English Communication. Artikel dipresentasikan pada the First ELTiC Conference. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah. 30 Agustus 2016.

Rukmini, A. S. (2011). The Implementation of Teacher Corrective Feedback in Teaching Writing Descriptive Text to The Second Year Students of SMPN 1 Tunjungan in 2010/2011 Academic Year (Doctoral dissertation). Surakarta : Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono, M. P. P. P. K. (2006). Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats