EFISIENSI USAHA TERNAK AYAM BROILER POLA KEMITRAAN INTI PLASMA DAN MANDIRI DI KABUPATEN SLEMAN

Suwarta Suwarta, Irham Irham, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efisieinsi usaha (efisiensi teknis, efsiensi harga pakan dan bibit), dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis, Penelitian ini dilakukan di kabupaten Sleman, dengan sampel kecamatan Pakem, Tempel dan kecamatan Kalasan. Sebagai satuan analisis adalah data primer hasil wawancara langsung dengan peternak, yakni peternak plasma (plasma-inti pabrikan dan plasma-inti mandiri) dan peternak mandiri. Alat analisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan dengan doubel log natural (Ln).

Secara teknis usaha ternak ayam broiler di Sleman telah efisien. Usaha ternak ayam broiler pola kemitraan secara teknis lebih efisien dari pada pola mandiri, dan efisiensi teknis usaha ternak ayam broiler pola kemitraan plasma-inti pabrikan lebih efisien dari pada pasma-inti mandiri. Dari sisi efiseinsi harga bibit, penggunaan bibit  usaha ternak ayam broiler di Sleman belum efisien. Dalam penggunaan bibit, peternak mandiri lebih efisien dari pada peternak plasma, dan peternak plasma-inti mandiri lebih efisien dari pada peternak plasma-inti pabrikan. Peternak ayam broiler di Sleman dalam penggunaan pakan sudah tidak efisien lagi. Dari sisi efiseinsi harga pakan, peternak plasma lebih efisien dari pada peternak mandiri. Efisiensi teknis usaha ternak ayam broiler di Sleman dipengaruhi secara positif oleh frekuensi penyuluhan, pendidikan pekerja, jumlah anggota keluarga, nilai peralatan, kemitraan, inti pabrikan, waktu panen yang seharusnya, dan pemberian pakan secara terbagi. Selain itu, pelaksanaan manajemen produksi pada usaha ternak ayam broiler berhubungan secara positif dengan efisien teknis.


References


BPS DIY, 2002-2005. DIY Dalam Angka, tahun 2002-2005

BPS 2005. Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Jakarta, Indonesia.

Dirjen Peternakan Deptan RI, (2005). Statistik Peternakan 2005.

Dinas Peternakan DIY, 2000-2004. Statistik dan Informasi Peternakan di Propinsi DIY Tahun 2000-2004

Dinas Peternakan DIY, 2005. Statistik dan Informasi Peternakan di Propinsi DIY Tahun 2005

Saputro, Triana dan Undang Fadjar, 1995. Efektivitas Kemitraan Inti-Plasma pada PIR Karet. Dalam Proseding Pengembangan Hasil Penelitian ”Kelembagaan dan Prospek Pengembangan Beberapa Komoditas Pertanian”. Bogor : Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian : 27-39.

Suwarta, 2004. Permintaan Produk Peternakan Unggas dan Prospek Pengembangannya di DIY. Widya Agrika 2 (3) : 160-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats