STRUKTUR PASAR BUAH PISANG DI KABUPATEN SUMENEP MARKET STRUCTURE OF BANANA FRUIT IN SUMENEP REGENCY

Nur Cholifatul Jannah, Purwati Ratna Wahyuni, Hopid Hopid

Abstract

Buah yang banyak digemari dan dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat adalah pisang dengan berbagai macam jenisnya. Produksi buah pisang di Kabupaten Sumenep tersebar di beberapa wilayah kecamatan, memungkinkan para pelaku usaha (pedagang) buah pisang untuk memaksimalkan pemasaran buah pisang supaya tidak terjadi ketimpangan pasar. Ketimpangan pasar terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara banyaknya penjual dengan pembeli yang hanya ada beberapa di pasar, akibatnya harga ditentukan oleh pihak yang memiliki kekuatan pasar yang besar. Pada kondisi ini dapat mencerminkan apakah struktur pasar berjalan secara sempurna atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis struktur pasar buah pisang di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan wawancara terhadap para pedagang di tiga kecamatan (Pragaan, Batuputih dan Rubaru). Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analasis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar buah pisang di Kabupaten Sumenep dengan pendekatan CR4 dan HHI menuju pada pasar monopolistik.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v11i2.3475


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter