FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH LOKAL PASCA PANDEMI COVID 19

Mila Familiyah, Ambar Susanti, Umar Khasan

Abstract

Selama kurun waktu 5 tahun terakhir, tingkat produktif buah mengalami peningkatan 4.8%. dengan produksi pertahun mencapai 7,9 ton. Namun angka konsumsi masyarakat mengalami penurunan 1,4%, terutama akibat adanya covid 19.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian buah lokal. Penelitian dilakukan di Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang dengan penetapan sampel menggunakan rumus slovin serta analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi linier ganda yang dibentuk signifikat dengan persamaan regresinya Y = 0, 1.571- 0,211X1+0,022X2+0,181X3+0,353X4+0,164X5+-0, 064X6 dan nilai R2 = 0,324.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh besar adalah status pekerjaan, pengetahuan dan budaya, karena semakin tinggi hasil pendapatan semakin tinggi konsumsi buah. Sedangkan variabel motivasi, persepsi dan kepuasan tidak berpengaruh secara signifikan

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i1.3763


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter