Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Keripik Wader pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya

Nisa Hafi Idhoh Fitriana, Risqi Firdaus Setiawan

Abstract

Sebagian besar industri keripik ikan wader masih dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satu UMKM di Kecamatan Wonorejo yang berfokus pada produk keripik ikan wader. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis nilai tambah produk ikan wader menjadi keripik wader Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya 2) Menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik wader di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya. Jumlah responden yang diambil adalah 10 karyawan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik wader di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya. Metode analisis data menggunakan analisis metode Hayami dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis Hayami, nilai tambahnya positif > 0 yaitu sebesar 34% artinya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik Wader Di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya memberikan nilai tambah bagi UMKM. Strategi yang perlu diterapkan adalah fokus pada pemasaran produk sebagai pilihan kualitas dengan cita rasa unik dan kualitas tinggi yang konsisten, bekerjasama dengan pemasok bahan baku untuk selalu memasok dengan kualitas dan kuantitas yang stabil dan juga menjaga kualitas produk tanpa menaikkan harga produk.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i2.4311


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter