Strategi Pengembangan Produk Keripik Pisang UD Sumber Rejeki Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk olahan UD Sumber Rejeki; menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pengembangan produk keripik pisang; serta merumuskan strategi alternatif pengembangan produk. Penelitian dilakukan di UD Sumber Rejeki, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, dengan metode analisis SWOT. Hasil analisis IFAS menunjukkan skor kekuatan sebesar 2,13 dan kelemahan sebesar 1,42, yang berarti perusahaan mampu mempertahankan kekuatannya. Sementara itu, hasil analisis EFAS menunjukkan skor peluang sebesar 1,93 dan ancaman sebesar 1,73, yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan peluang dan meminimalkan ancaman. Strategi alternatif yang direkomendasikan adalah strategi S-O, yaitu mempertahankan kualitas produk dengan harga terjangkau, melakukan inovasi rasa untuk menghadapi persaingan, serta memanfaatkan keunggulan produk seperti tanpa bahan pengawet, memiliki izin PIRT, dan sertifikasi halal sebagai jaminan mutu.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.





ISSN Cetak :
ISSN Online : 