Strategi Pemasaran Rengginang Lorjuk Cap Dua Udang di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep
Abstract
Rengginang merupakan olahan berbahan dasar beras ketan yang banyak dijumpai di Kecamatan Pragaan. Kajian strategi pemasaran UMKM masih terbatas pada produk umum dan belum banyak menyentuh produk tradisional seperti rengginang lorjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur eksternal dan internal dan menciptakan alternatif teknik pemasaran kompetitif yang unggul dan tepat serta selaras dengan kebijakan pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT usaha Rengginang Lorjuk cap dua udang berada pada kuadran I, menjelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan yaitu strategi pengembangan produk, pengembangan pasar, serta penetrasi pasar. Rekomendasi yang didapat yaitu strategi SO (Strenght-Opportunities) karena srategi ini yang paling praktis, proaktif, ekonomis, dan langsung mempengaruhi ekspansi serta daya saing perusahaan, sehingga strategi ini lebih cocok untuk diimplementasikan.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.





ISSN Cetak :
ISSN Online : 