Strategi Pemasaran Rengginang Lorjuk Cap Dua Udang di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Ach Royhanur Ridlwan, Ika Fatmawati Pramasari, Purwati Ratnna

Abstract

Rengginang merupakan olahan berbahan dasar beras ketan yang banyak dijumpai di Kecamatan Pragaan. Kajian strategi pemasaran UMKM masih terbatas pada produk umum dan belum banyak menyentuh produk tradisional seperti rengginang lorjuk. Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasi unsur-unsur eksternal dan internal dan menciptakan alternatif teknik pemasaran kompetitif yang unggul dan tepat serta selaras dengan kebijakan pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT  usaha Rengginang Lorjuk cap dua udang berada pada kuadran I, menjelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan yaitu strategi pengembangan produk, pengembangan pasar, serta penetrasi pasar. Rekomendasi yang didapat yaitu strategi SO (Strenght-Opportunities) karena srategi ini yang paling praktis, proaktif, ekonomis, dan langsung mempengaruhi ekspansi serta daya saing perusahaan, sehingga strategi ini lebih cocok untuk diimplementasikan.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter