ANALISA POLA PEMBELIAN DI “KEDAI BANG YHOGA’S” MENGGUNAKAN METODE APRIORI
Abstract
Kedai Bang Yhoga’s termasuk kedai baru yang masih berusia 6 bulan. Namun, setiap harinya kedai tersebut cukup ramai dikunjungi oleh konsumen terutama kalangan mahasiswa. Banyaknya persaingan bisnis serta penjualan yang kurang stabil, mengharuskan pemilik kedai untuk mengatur strategi pemasaran dan promosi dengan baik agar kedai dapat mempertahankan eksistensinya di mata konsumen. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk serta pemanfaatan data transaksi. Data transaksi dapat dimaksimalkan dengan melakukan analisa data transaksi penjualan. Penelitian ini mengaplikasikan metode algoritma apriori untuk membantu pemilik usaha Kedai Bang Yhoga’s dalam mengatasi permasalahan dan untuk memperoleh rekomendasi daftar menu (item) melalui aplikasi Weka. Hasil analisis data transaksi penjualan pada aplikasi Weka, menunjukan bahwa dari 58 item menu yang disajikan, ada beberapa item menu yang memiliki frekuensi tinggi. Item tersebut dapat digunakan sebagai acuan pemilik usaha sebagai pertimbangan dalam menyusun menu pada kedai serta dapat digunakan sebagai acuan dalam mengkombinakasikan dengan item yang memiliki frekuensi rendah. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 50 hasil kombinasi item yang memiliki nilai confidence minimal 90%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil analisis melalui aplikasi Weka sesuai dengan hasil perhitungan manual, dari sejumlah 58 display item dalam penentuan pola pembelian dan frekuensi item terbaik, diperoleh 30 rekomendasi display item pada menu Kedai Bang Yhoga’s.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.











