APLIKASI METODE PROMETHEE UNTUK PEMILIHAN LOKASI PEMBANGUNAN RUKO DI WILAYAH SURABAYA

Budi Santoso

Abstract


ABSTRAK

Perusahaan dalam memasarkan suatu produknya membutuhkan suatu tempat yang tetap untuk menjual atau mengenalkan produknya. Saat ini ruko menjadi alternative pilihan yang umumnya sering digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya kepada konsumen.

Dalam perencananaan pembangunan ruko banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah pemilihan lokasi ruko. Pemilihan lokasi ruko merupakan permasalahan yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan pencapaian target pasar. PT Prambanan Dwipaka merupakan developer dan Genaral Contractor yang terus melakukan pengembanagn usaha. Dengan melihat potensi pasar yang besar dalam bisnis ruko di Surabaya, maka PT Prambanan Dwipaka merencanakan pembangunan ruko dalam skala besar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi pembangunan ruko dari alternative lokasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode promethee, yang merupakan salah satu pendekata pengambilan keputusan engan mempertimbangkan kesederhanaan, kejelasan dan kestabilannya dalam prosedur dan hasil akhir. Metode ini digunakan untuk memilih lokasi yang paling potensial diantara alternative lokasi yang ada yaitu Jl. Perak Timur, Jl. Ngagel dan Jl. Gunungsari.

Dari hasil penelitian promethe I untuk nilai Leaving Flow alternatif lokasi Jl Gunungsari mempunya nilai terbesar yaitu 0,41667, sedangkan untuk nilai terkecl yaitu 0,625.  Hasil penelitian promethe II didapat nilai Net Flow terbesar yaitu 0,21044 pada alternative lokasi Jl Gunungsari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lokasi yang dipilih untuk pembangunan ruko adalah lokasi Jl. Gunungsari.

 

Kata Kunci : Promethe, Leaving Flow, Entering Flow, Net Flow

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.