ANALISA KELAYAKAN PROYEK TERHADAP PROTOTIPE PRODUK BARU SUPER PORTLAND COMPOSITE CEMENT (S-PCC) DI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK

I.G.A Sri Deviyanti

Abstract


ABSTRAK

Pertumbuhan kebutuhan semen nasional yang terus meningkat, memacu para produsen semen untuk meningkatkan produksinya. Beberapa pabrikan sudah mencapai kapasitas maksimal. Sebagian yang lain masih bisa ditingkatkan karena utilisasi mesinnya masih dalam kisaran 80-90%. Jika pada saatnya semua pabrik sudah mencapai 100% kapasitas, tetapi masih  tidak sebanding dengan pertumbuhan pasar semen yang lebih pesat, karena itulah diperlukan pembangunan pabrik baru untuk menambah ketersediaan semen.

S-PCC yang diajukan sebagai prototip semen baru dari Inovasi semen OPC plus Fly Dust, dan Prototip Disain Proses disertai tinjauan teknis dan ekonomis sebagai analisa kelayakan proyek. Sejauh ini Fly Dust belum pernah dimanfaatkan sebagai bahan pengisi (substitutor) untuk semen. Sementara pemakaiannya terbatas hanya untuk non-semen.

Proyek Invensi Fly Dust untuk S-PCC ini memerlukan investasi sebesar Rp. 7,18 milyar Rupiah, dengan asumsi umur proyek 10 tahun, pajak 30%, discounted rate 15%. Maka didapatkan IRR = 22.42%, Pay Back Period 0.45 tahun dan NPV = 72,955 milyar rupiah. Dengan hasil optimasi itu, maka proyek invensi ini sangat layak direkomendasikan.

Kata kunci: Prototip, semen PCC, fly dust, analisa kelayakan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.