POSISIONING BEBERAPA RETAIL DI WILAYAH KEPUTIH BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS)

Mrs. Iriani

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana memposisikan beberaa retail berdasarkan persepsi konsumen, atribut-atribut apa yang mempengaruhi retail-retail untuk menarik konsumen dan untuk menentukan strategi apa yang harus diterapkan oleh retail agar dapat bersaing dengan retail lain yang sejenis.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari konsumen yang dijadikan responden melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah skala multidimensional (Multydimensional Scalling) dengan data kemiripan (similarity data).

Hasil analisis menunjukan bahwa retail Sakinah berada pada dimensi 1 dengan mengutamakan atribut layout, kenyamanan dan kebersihan, suasana pendingin ruangan (AC) dan strategi yang harus diterapkan mempertahankan layout dan harga dengan didukung kualitas dan image produk yang disediakan. Retail Indomaret juga berada pada dimensi 1 dengan mengutamakan atribut layout, kenyamanan dan kebersihan, suasana pendingin ruangan (AC) dan strategi yang harus diterapkan mempertahankan layout dan harga dan Didukung dengan peningkatan promosi dan pelayanan. Retail Ria berada pada dimensi 2 dengan mengutamakan atribut Kualitas, Pelayanan Kasir, Image Produk dan strategi yang harus diterapkan meningkatkan kualitas pelayanan dan didukung dengan kekuatan promosi. Retail Mawadah berada pada dimensi 2 dengan mengutamakan atribut Kualitas, Pelayanan Kasir, Image Produk dan strategi yang harus diterapkan meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kestabilan harga. Retail Hanunila berada pada dimensi 3 dengan mengutamakan atribut Pelayanan Karyawan, Promosi, Musik dan strategi yang harus diterapkan peningkatan promosi pemasaran dan peningkatan kualitas dan pelayanan.

Keywords : Persepsi Konsumen, MDS.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.