STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA LAWU ADVENTURE DI SIDOARJO

Qonita Aflia Fitriani, Susi Hariyawati

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada berkembangnya usaha bisnis di bidang outbond yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan provider Lawu Adventure sebagai obyek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan provider Lawu Adventure di Jl. Ki suryo Jati Selatan No. 27, Kedungturi Taman,  Sidoarjo untuk meningkatkan pendapatan, dan bertujuan untuk memberikan masukan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang digunakan oleh provider Lawu Adventure.

Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada pemilik, karyawan, dan konsumen yang menggunakan jasa outbond pada provider Lawu Adventure dan participant observation. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menggunakan strategi pemasaran berdasarkan 4P yaitu product, price, promotion, place sebagai bahan dasar pertanyaan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa provider Lawu Adventure berada pada posisi kuadran I yang memiliki kekuatan internal sebesar 2,06, kelemahan 1,5, peluang 2,02, dan memiliki ancaman sebesar 0,99, hal tersebut merupakan situasi yang menguntungkan. Provider tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Kata Kunci: Lawu Adventure, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.