STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI WONOSALAM DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PENGUNJUNG (Studi Kasus Pada Agrowisata di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang)

Septian Elly Susanti, Budi Prabowo

Abstract

Kecamatan wonosalam merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Jombang, yang memiliki beragam kekayaan potensi wisata baik alami dan buatan, hal ini didukung oleh ketersediaannya potensi wisata alam yang sangat beragam. Dimana memiliki kenaikan jumlah pengunjung ditiap tahunnya secara signifikan. Yang berarti memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan oleh para pesaingnya

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi wisata Wonosalam itu sendiri kemudian menganalisis strategi apa yang sesuai dengan kondisi wisata Wonosalam. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi strategi, yaitu matriks IFAS dan EFAS, dan analisis SWOT. Dan teknik yang digunakan menggunakan in deept interview, observasi partisipan dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 6 kekuatan dan 5 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 7 peluang dan 5 ancaman. Berdasarkan matriks IFAS dan EFAS menghasilkan total skor kekuatan sebesar 1.88, kelemahan 1.5, peluang 1.58 dan ancaman 1.48. Hasil rumusan strategi matriks swot cenderung ke strategi SO karena menghasilkan nilai paling tinggi yaitu dengan nilai 3.46. startegi yang bisa diterapkan adalah Menjaga, meningkatkan serta melestarikan potensi alam yang ada kemudian mengembangkan program-program yang menarik dengan cara  memberdayakan masyarakat lokal untuk saling membantu dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan reputasi yang baik.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Pariwisata, Matrik IFAS dan Matrik EFAS, Agrowisata Kecamatan Wonosalam.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.