PENGARUH HARGA PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SALON VIRLIAN DI SIDOARJO

Palupi diah apsari, suparwati suparwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Salon Virlian di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa rias pada Salon Virlian di Sidoarjo pada bulan Maret – April 2017. Sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data primer dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara simultan harga, pelayanan, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terbukti dari nilai fhitung (7,235) > ftabel (2,70) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (1,744) < ttabel (1,984). Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,325) > ttabel (1,984). Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,854) > ttabel (1,984). Variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel fasilitas (X3) sebesar thitung (2,854).

Kata Kunci : Harga, pelayanan, fasilitas, dan Kepuasan Konsumen

 


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.