STRATEGI BRANDING MERK ZLCH CLOTHING DI SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Airlangga Gala Septa, Nirawati Lia

Abstract


ZLCH Clothing adalah brand atau merk yang bergerak pada bidang clothing yang menjualpakaian dan aksesoris.Brand ini mempunyai toko di Surabaya yang diberi nama ZLCH ConceptStore dan memiliki kantor yang tepisah dari gerainya.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi baranding yangdilakukan oleh ZLCH Clothing ini dalam meningkatkan penjualannya agar tetap menjadi brandyang bisa berkembang di era pasar bebas ini. Penelitian ini dapat memberikan gambaranbagaimanakah implementasi atau cara branding yang dilakukan dan memperbaiki kelemahanyang ada.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang merupakan bagian dari analisiskualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data secara observasi, dokumentasi danwawancara mendalam yang berkaitan dengan strategi branding produk berdasarkan denganmenggunakan atribut produk yang meliputi, segi kualitas, fitur, desain, kemasan,label, pelayanan,jaminan, harga serta komponen identitas merk yaitu nama merk, logo dan simbol, slogan,karakter, jingle, URL/ Website yang digunakan oleh peneliti dalam menemukan kekuatan,kelemahan, peluang, dan ancaman dengan metode SWOT.Hasil dari penelitian ini menghasilkan diketahui Internal Factor Analysis Sumarry yangmenunjkan kekuatan sebesar 1,75 dan kelemahan sebesar 1,00. Sedangkan hasil EksternalFactor Analysis Sumarry menunjukan ancaman sebesar 1,10 dan peluang sebesar 1,35. Pilihanstrategi adalah SO, sehingga pada diagram SWOT terletak di kuadran I, yaitu perusahaanmemiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehinggastrategu yang harus dilakukan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (GrowthOriented Strategy)

References


Ellen Meianzi Yasak, Eman Sipasi. 2017.

STRATEGI BRANDING JAWA

TIMUR PARK GROUP SEBAGAI

IKON PARIWISATA KOTA BATU

(https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/f

isip/article/view/1460)

Fandy Tjiptono, Gregorius Candra, dan Dedi

Adriana, Pemasaran Strategik, 1 ed.

(Yogyakarta: ANDI, 2008)

Juhaini Alie, Siti Komariah Hildayanti. 2017.

STRATEGI BRANDING USAHA

KECIL INDUSTRI PEMPEK

KELURAHAN 2 ULU DAN 26

ILIR PALEMBANG.

(http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/P

GM/article/view/286)

Keller, Kevin Lane, 2013. Strategic Brand

Management 4th Global Ed. Boston:

Pearson

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller, 2008.

Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga

Belas. Jakarta :Erlangga.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabet

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri,

Manajemen pemasaran, hal. 1

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur