STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. GROEN INDONESIA

Trisyani Ayu Pangastuti, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti terhadap strategi pemasaran
PT. Groen Indonesia untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada PT Groen Indonesia.
Penelitian ini mempergunakan pendekatan dekriptif. Data dikumpulkan mengguankan
teknik wawancara, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis STP (Segmenting,
Targeting, Positioning) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,
Threats). Analisis STP menunjukkan bahwa secara segmentasi customer perusahaan
sangat concern di bidang kebersihan. Secara targeting, targetnya adalah instansi
pemerintah ataupun swasta yang memiliki kesadaran lingkungan. Positioning yang ingin
dibangun adalah menjadi penyedia produk berkualitas tinggi dan memudahkan customer
baik dalam fungsi serta kemanfaatannya yang tinggi. Kemudian hasil penelitian
menemukan bahwa Hasil analisis SWOT menggunakan perhitungan IFAS dan EFAS
menghasilkan posisi perusahaan pada kuadran kedua dalam Diagram Cartesius (koordinat
0,55 : -0,42). Artinya kondisinya cukup baik karena memiliki kekuatan yang bagus, namun
memiliki ancaman yang mendorong perusahaan untuk melakukan inovasi dan diversifikasi
produk maupun pelayanannya.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis STP, Analisis SWOT

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jbi.v12i2.2903


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur