Eksplorasi Faktor-Faktor Pemilihan Grab sebagai Platform Layanan Transportasi Online Berdasarkan Value-Based Adoption Model
Abstract
Media sosial dapat dijadikan salah satu bagian strategi pemasaran bagi organisasi ataupun perusahaankarena media sosial dapat mempengaruhi keputusan pembelian, disamping itu nilai yang diberikan brandatau penjual juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitin ini menelaah faktor-faktor yangmelatarbelakangi konsumen dalam penggunakan Grab sebagi platform transportasi online denganberdasarkan kegiatan social media marketing pada akun Instagram @grabid dan value-based adoptionmodel dimana variabel penelitian terdiri dari konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid,interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram @grabid, kualitas layanan yang diberikan platformGrab Indonesia, harga yang ada pada platform Grab Indonesia, dan reputasi Grab Indonesia sebagaiplatform penyedia layanan transportasi online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimental yang menggunakan data primer, dan dilakukan metode survei dengan teknik purposivesampling menggunakan kuesioner dan skala penilaian likert pada 146 responden yang pernahmenggunakan platform Grab sebagai platform transportasi online. Setalah dilakukan pengujiandidapatkan bahwa konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid merupakan merupakan faktor utama yang memiliki kontribusi terbesar dalam membentuk faktor-faktor yang melatarbelakangi niatan konsumen menggunakan platform Grab sebagai platform layanan transportasi online.Kata kunci: social media marketing; value-based adoption model; Grab Indonesia
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.



