Eksplorasi Faktor-Faktor Pemilihan Grab sebagai Platform Layanan Transportasi Online Berdasarkan Value-Based Adoption Model

Astika Ulfah Izzati, Welan Mauli Angguna, Frianka Anindea, Mutiara Angeline, Maratus Soleha, Dede Salsabilah

Abstract

Media sosial dapat dijadikan salah satu bagian strategi pemasaran bagi organisasi ataupun perusahaankarena media sosial dapat mempengaruhi keputusan pembelian, disamping itu nilai yang diberikan brandatau penjual juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitin ini menelaah faktor-faktor yangmelatarbelakangi konsumen dalam penggunakan Grab sebagi platform transportasi online denganberdasarkan kegiatan social media marketing pada akun Instagram @grabid dan value-based adoptionmodel dimana variabel penelitian terdiri dari konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid,interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram @grabid, kualitas layanan yang diberikan platformGrab Indonesia, harga yang ada pada platform Grab Indonesia, dan reputasi Grab Indonesia sebagaiplatform penyedia layanan transportasi online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimental yang menggunakan data primer, dan dilakukan metode survei dengan teknik purposivesampling menggunakan kuesioner dan skala penilaian likert pada 146 responden yang pernahmenggunakan platform Grab sebagai platform transportasi online. Setalah dilakukan pengujiandidapatkan bahwa konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid merupakan merupakan  faktor   utama   yang memiliki kontribusi terbesar   dalam   membentuk faktor-faktor yang melatarbelakangi niatan konsumen   menggunakan platform Grab sebagai platform layanan transportasi online.Kata kunci: social media marketing; value-based adoption model; Grab Indonesia 

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.