ANALISIS PENGARUH FITUR DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI FREEMIUM CANVA

Indah Respati Kusumasari

Abstract


Perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang sangat besar dalamproses pembelajaran peserta didik. Saat ini, media komunikasi visual menjadi alternatifbagi para peserta didik. Hal ini dikarenakan media ini dapat memudahkan para pesertadidik dalam memahami maksud yang ingin disampaikan melalui gambar desain. Saatini telah banyak bermunculan model bisnis freemium berbasis platform desain grafisyang dibutuhkan oleh para peserta didik khususnya di kalangan Mahasiswa AdministrasiBisnis UPN “Veteran” Jawa Timur, salah satunya yaitu Canva. Canva merupakanmodel bisnis freemium berbasis platform desain grafis yang didirikan pada tahun 2012.Aplikasi Canva memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan para penggunanya.Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, sehingga hal ini seringkalimenjadi bahan pertimbangan atas penilaian para pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur dan harga terhadapkepuasaan penggunaan aplikasi freemium Canva dikalangan Mahasiswa AdministrasiBisnis UPN “Veteran” Jawa Timur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan korelasi denganmenyebarkan kuisioner dalam bentuk g-form. Sampel yang digunakan sebanyak 60responden yang merupakan Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” JawaTimur angkatan 2019-2021 yang menjadi pengguna Canva. Metode analisa data dalampenelitian ini menggunakan uji korelasi, uji validitas, uji reabilitas, uji T dan uji Fdengan bantuan IBM SPPS versi 25. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa fiturdan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kepuasaan penggunapada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur. 

References


Anwar, Iful, and Budhi Satrio. "Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan

pembelian." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 4.12 (2015).

Innova, Eureka Intan. "Motif dan kepuasan pengguna instagram di komunitas

instameet Indonesia." Jurnal E-Komunikasi 4.2 (2016).

Fauziah, A. A. (2019). Hubungan antara budaya sekolah dengan mutu sekolah di

SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. 2015, 1–30.

Gailly, B., & Muñoz, D. M. (2020). Analysis of an innovative business model: the

freemium and its applications. Journal of Business and Economics, 1(1), 64.

https://run.unl.pt/bitstream/10362/19293/1/Picquendaele_2016.pdf

Günzel-Jensen, F., & Holm, A. B. (2019). Freemium Business Models as the

Foundation for Growing an E-business Venture: A Multiple Case Study of

Industry Leaders. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation,

(1), 77–101. https://doi.org/10.7341/20151115

Korowa, E., & Asaloei, S. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga

Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado).

(3).

Manguyoga, I., & Ganawati, D. (2019). The Influence of Product Quality and Price

on Customer Satisfaction in UD Y uli Yadnya Wood Company in Kerobokan.

Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ) Agustus, 1(2), 55–59.

https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbjhttp://dx.

Purba, Yusnita Adelina. "Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran

Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu." Jurnal Cendekia: Jurnal

Pendidikan Matematika 6.2 (2022): 1325-1334.

Razak, I., & Nirwanto, N. (2021). The impact of product quality and price on customer.

Journal of Marketing and Consumer Satisfaction, 30(2012), 59–68.

Riadi, M. (2021). Penawaran Harga.

https://www.kajianpustaka.com/2021/02/diskon.html Sari, V. A. (2020). The

Influence Of Price, Product Quality And Brand Image Onpurchase

Decision Teh Botol Sosro At Undergraduate Students Of Social And Politics

Faculty

University Diponegoro. Diponegoro University Journal Of Social And Politic,

Business Administration, 12.

University of Oslo. (2019). Innovation and entrepreneurship. Managerial and

Decision Economics, 7(1), 77–78. https://doi.org/10.1002/mde.4090070114

Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The Effect

of Marketing Mix on Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2).

https://doi.org/10.18196/mb.11295


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur