ANALISIS PENGARUH FITUR DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI FREEMIUM CANVA
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang sangat besar dalamproses pembelajaran peserta didik. Saat ini, media komunikasi visual menjadi alternatifbagi para peserta didik. Hal ini dikarenakan media ini dapat memudahkan para pesertadidik dalam memahami maksud yang ingin disampaikan melalui gambar desain. Saatini telah banyak bermunculan model bisnis freemium berbasis platform desain grafisyang dibutuhkan oleh para peserta didik khususnya di kalangan Mahasiswa AdministrasiBisnis UPN “Veteran” Jawa Timur, salah satunya yaitu Canva. Canva merupakanmodel bisnis freemium berbasis platform desain grafis yang didirikan pada tahun 2012.Aplikasi Canva memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan para penggunanya.Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, sehingga hal ini seringkalimenjadi bahan pertimbangan atas penilaian para pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur dan harga terhadapkepuasaan penggunaan aplikasi freemium Canva dikalangan Mahasiswa AdministrasiBisnis UPN “Veteran” Jawa Timur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan korelasi denganmenyebarkan kuisioner dalam bentuk g-form. Sampel yang digunakan sebanyak 60responden yang merupakan Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” JawaTimur angkatan 2019-2021 yang menjadi pengguna Canva. Metode analisa data dalampenelitian ini menggunakan uji korelasi, uji validitas, uji reabilitas, uji T dan uji Fdengan bantuan IBM SPPS versi 25. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa fiturdan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kepuasaan penggunapada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.



