ANALISIS PENGGUNAAN BUDAYA LOKAL DALAM STRATEGI PRODUK CAK CUK SURABAYA

Yanda Bara Kusuma

Abstract


ABSTRAKPerkembangan bisnis di dunia saat ini semakin meningkat dengan sangat pesat yang mengakibatkan persainganantar pengusaha fashion semakin ketat. Persaingan yang ketat dalam bisnis Fashion membuat mereka haruslebih memperhatikan kebutuhan dan kepuasan pelanggan. rupanya tidak disia-siakan oleh produsen fashiondengan menggunakan unsur budaya lokal. Penelitian ini membahas tentang Analisis Pemanfaatan Budaya Lokaldalam Strategi Produk Cak Cuk Surabaya. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan dan pelanggan Cak CukSurabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulandata menggunakan wawancara.  Gambaran Budaya Lokal Surabaya yang diangkat oleh Cak Cuk adalah potretkehidupan sosial yang tidak pernah  berubah  di  masyarakat. Cak Cuk Surabaya memilih untuk tidakmemberikan garansi bagi produk yang mereka jual, tetapi menerima penukaran barang apabila barang yangdibeli oleh customer terdapat kecacatan produk.

References


Anugerah, Andi dan Prasetia. 2015. Potensi Industri Kreatif Tekstil Berbasis Budaya Lokal Sebagai Konfigurasi

Revolusi Mental dan Fortifikasi Branding untuk Destinasi Pasar Internasional

Effendi, Nur Ika, dkk. 2022. Strategi Pemasaran. (n.p.): Global Eksekutif Teknologi.

Evilia, Heni (2022) Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Dalam Pengembangan Usaha Budidaya

Jamur Tiram Di Kecamatan Parang, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Firmansyah dan Mockhlas. 2018. Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi dan Tempat Tehadap Kepuasan

Pelanggan Warung Giras di Surabaya. Jurnal Eksekutif Volume 15

Kussudyarsana. 2016. Persepsi Konsumen atas Merek Lokal dan Asing Pada Kategori Produk Hedonik dan

Utilitarian. BENEFIT Jurnal Managemen dan Bisnis Vol. 1, No. 1

Koentjaraningrat. 2005. Pengantar Antropologi II Pokok - Pokok Etnografi. Jakarta: Rineka Cipta

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian

perspective. London: Pearson.

Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta:Erlangga

Lestari, Gina. 2015. BHINNEKHA TUNGGAL IKA: Khasanah Mulikultural Indonesia di Tengah Kehidupan

Sara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Th.28, Nomor

Solihat, Hakim, dan Setiawati. 2016. Strategi Produk Cilok Makanan Khas Kota Bandung. Ecodemica, Vol. IV

No. 2

Sidharta, Cahyaningtyas dan Damayanti. 2017. Transformasi Unsur Kota Surabaya Ke Dalam Souvenir Khas

Surabaya. Transformasi Unsur Lokalisasi Surabaya Ke Dalam Soveni

Sudiyanto, T. (2019). Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. Hti Bumi Persada

Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Susiroh. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Cak Cuk

Surabaya.

Wibowo, Arifin dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

(Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29 No.1


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur