Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan (Studi Pada Toko Pakaian Bekas Remaja)

Denis Kurniawan, Lisa Sulistyawati, Yuniardi Rusdianto

Abstract

Keputusan pemasaran seringkali berkaitan erat dengan empat masalah pokok, yakniproduk, harga, tempat, dan promosi yang merupakan varibel-variabel dalam marketing mix.Dalam memilih sebuah produk konsumen tentunya memiliki kriteria evaluasi diantaranyaadalah bagaimana kualitas produk, harga serta pelayanan yang diberikan dan tentunyamarketing yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat seberapapengaruhnya marketingmix terhadap penjualan pada toko pakaian bekas di kota Surabaya. Teknik pengumpulandatanya dengan menggunakan kuesioner, populasi dalam penelitian ini para konsumen yangdatang dan membeli pakaian bekas toko, sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden.Pengambilan sampelnya, menggunakan teknik purposive sampling dimana konsumen yangmemeli pakaian bekas. Teknik analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresilinier bergandadimana untuk menentukan ketepatan prediksi dan pengaruh yang terjadi antara variabelindependen dan dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabelbebas Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4) secara simultan bersama-samamempunyai pengaruh terhadap variabel terikat Tingkat penjualan (Y) pada toko pakaian bekasSenja SecondBrand. Sementara itu secara parsial (uji T) variabel yang berpengaruh secarasignifikan adalah Product dan Price, sedangkan Place dan Promotion memiliki pengaruhtetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dan tingkat penjualan pada toko pakaianbekas Senja SecondBrand.

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.