Strategy to Increase Salary Satisfaction of Y Generation Employee to Enhance Job Performance (Case Study on Kompas Gramedia)

Langgeng Setyono

Abstract

Pergeseran demografi karyawan dari generasi X ke generasi Y menyebabkan perubahan paradigma terkaitkompensasi bagi mereka. Jika perusahaan memperlakukan generasi Y dalam hal kompensasi samadengan generasi X, maka akan mengakibatkan karyawan generasi Y tidak puas. Penelitian ini berfokuspada karyawan Kompas Gramedia (KG) yang didominasi oleh generasi milenial. Dalam mengelolakompensasi, KG memiliki masalah dengan kepuasan remunerasi karyawan. Survei tahunan perusahaanterhadap 10.560 karyawan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa kepuasan remunerasi hanyamenyumbang 41 persen dari kepuasan karyawan terhadap sistem remunerasi. Ini diklasifikasikan sebagaitingkat kepuasan yang rendah. Penelitian ini dianggap sebagai penelitian kualitatif. Penelitian inibertujuan untuk merumuskan strategi bagi perusahaan bisnis, dalam hal ini Kompas Gramedia, untukmenciptakan strategi kompensasi yang sesuai dengan karakteristik dan aspirasi generasi milenial.Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan. Forum diskusi kelompok dan wawancaradilakukan untuk membuat sistem. Hasilnya, perusahaan harus mencocokkan skema kompensasiperusahaan dengan aspirasi karyawan milenial. Tunjangan kesehatan, fasilitas pinjaman, keseimbangankehidupan kerja, program pensiun pengakuan, dan peluang karir harus dimodifikasi. Perusahaan harusfokus pada peluang karir dan mengubah banyak fasilitas menjadi tunjangan keuangan.Kata kunci: Salary satisfaction, Millennial Generation, Job Performance, Compensation Strategy

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.