Strategy to Increase Salary Satisfaction of Y Generation Employee to Enhance Job Performance (Case Study on Kompas Gramedia)

Langgeng Setyono

Abstract


Pergeseran demografi karyawan dari generasi X ke generasi Y menyebabkan perubahan paradigma terkaitkompensasi bagi mereka. Jika perusahaan memperlakukan generasi Y dalam hal kompensasi samadengan generasi X, maka akan mengakibatkan karyawan generasi Y tidak puas. Penelitian ini berfokuspada karyawan Kompas Gramedia (KG) yang didominasi oleh generasi milenial. Dalam mengelolakompensasi, KG memiliki masalah dengan kepuasan remunerasi karyawan. Survei tahunan perusahaanterhadap 10.560 karyawan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa kepuasan remunerasi hanyamenyumbang 41 persen dari kepuasan karyawan terhadap sistem remunerasi. Ini diklasifikasikan sebagaitingkat kepuasan yang rendah. Penelitian ini dianggap sebagai penelitian kualitatif. Penelitian inibertujuan untuk merumuskan strategi bagi perusahaan bisnis, dalam hal ini Kompas Gramedia, untukmenciptakan strategi kompensasi yang sesuai dengan karakteristik dan aspirasi generasi milenial.Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan. Forum diskusi kelompok dan wawancaradilakukan untuk membuat sistem. Hasilnya, perusahaan harus mencocokkan skema kompensasiperusahaan dengan aspirasi karyawan milenial. Tunjangan kesehatan, fasilitas pinjaman, keseimbangankehidupan kerja, program pensiun pengakuan, dan peluang karir harus dimodifikasi. Perusahaan harusfokus pada peluang karir dan mengubah banyak fasilitas menjadi tunjangan keuangan.Kata kunci: Salary satisfaction, Millennial Generation, Job Performance, Compensation Strategy

References


Andini, Rita. 2006.”Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen

Organisasional Terhadap Turnover Intention.” Semarang: Tesis. Magister Manajemen

Universitas Diponegoro.

Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. PT Rineka

Cipta.: Jakarta

Bagaimana Mempertahankan Karyawan Millennial | Bicara Manajemen. (n.d.). Retrieved May

, 2021, from https://bicaramanajemen.com/blog/mempertahankan-karyawanmillennial/

Clouter and Morin. (2013). How does variable pay relate to pay Satisfaction among Canadian

workers? International Journal of Manpower (34) 465-485

Corporate Document of Kompas Gramedia

Creswell, J. W. (2009). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approach.

Los Angeles: Sage Human Resource and Adult Learning (2010): 68-78.

Jed DeVaro, J. (2020). Strategic Compensation and Talent Management Lessons for Managers,

Cambridge University Press, Year: 2020

Kane, Sally.

(2017). Common Characteristic of Generation Y Professional

https://www.thebalance.com/common-characteristics-of-generation-y-professionals2164683

is accessed on September, 30

th

Lovelock and Wirtz.2016. Services Marketing: People, Technology, Strategy (Eighth Edition).

World Scientific Publishing Co Inc (USA)

Martocchio, Joseph J. (2017). Strategic Compensation A Human Resource Management

Approach. New Jersey, Pearson

Meier, and Crocker Mitchell. Generation Y in the Workforce: Managerial Challenges. The

Journal of

PPM, 2021. Retrieved May 1, 2021, from https://dev.ppm-manajemen.ac.id/id_ID/blog/acaramanajemen-17/post/kantor-millennial-friendly

D-1592#blog_content

Schweitzer and Lyon. New Generation, Great Expectations: A Field Study of the Millennial

Generation. J Bus Psychol (2010) 25:281–292

Sensus Penduduk 2020: Penduduk Indonesia Didominasi Gen Z dan Milenial | Databoks. (n.d.).

Retrieved May 1, 2021, from

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/22/sensus-penduduk-2020penduduk-indonesia-didominasi-gen-z-dan-milenial

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIEYKPN


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur