Analisis Kualitas Sistem dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi DJP Online di KPP Jombang

Alissa Azizah Herman Susilo, Nurhadi Nurhadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas sistem dan kemudahan penggunaan aplikasi DJP Online serta dampaknya terhadap kepuasan pengguna di KPP Jombang. DJP Online adalah aplikasi berbasis web yang memfasilitasi pelaporan pajak secara mandiri oleh wajib pajak. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh pengguna, terutama dalam hal kualitas sistem, seperti kecepatan akses, keandalan, dan antarmuka yang kurang ramah pengguna. Melalui studi kualitatif berbasis literatur dan observasi pada program Pojok Pajak KPP Jombang, penelitian ini menemukan bahwa kualitas sistem dan kemudahan penggunaan DJP Online memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Pojok Pajak di KPP Jombang memberikan dampak nyata dalam meningkatkan literasi digital masyarakat terkait perpajakan, serta kepatuhan wajib pajak. Program ini memberikan rekomendasi berupa peningkatan kualitas layanan dan edukasi terkait teknologi bagi masyarakat yang belum sepenuhnya memahami aplikasi ini.

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.